UPT P3UT bersama Teaching Factory “Top Fruits” mengembangkan dan memproduksi Varietas Durian Unggul Lampung. Pengembangan dan produksi bibit durian dipilih karena masih kurangnya ketersediaan bibit unggul di masyarakat, sedangkan permintaan buah durian yang berkualitas terus meningkat. Dengan banyaknya bibit unggul yang tersedia diharapkan dapat mengenalkan masyaarakat luas dan juga konsumen buah durian kepada buah durian yang lebih berkualitas.

Oleh karena itu, UPT P3UT dan Teaching Farm “Top Fruits” Polinela memilih Varietas Durian Unggul Lampung yang diambil dari bibit unggulan yang ada di daerah Lampung, seperti daerah Pesawaran. Bahkan bibit unggul yang dipilih telah memenangkan Kontes Durian yang diadakan di daerah Pesawaran dengan melewati beberapa tahap seleksi. Masing-masing tahapan memiliki kriteria penilaian seperti; kriteria penampilan performa buah, rasa buah, serta karakter daging buah dan biji. Dengan keunggulan bibit tersebut diharapkan dapat menjadi indukan yang unggul yang mampu menghasilkan bibit-bibit unggul selanjutnya.

Pada perbanyakan bibit durian ini UPT P3UT dan Teaching Farm “Top Fruits” Polinela memilih perbanyakan vegetatif yaitu sambung pucuk (grafting). Sambung pucuk dipilih karena perbanyakan dengan cara ini memiliki tingkat keberhasilan sambungan tinggi, waktu yang singkat, dan dapat memperhatikan sifat unggul dari indukannya.

 

  • Pohon Induk Durian pemenang Kontes Kab. Pesawaran

 

  • Bibit Durian Pemenang Kontes Kab. Pesawaran

 

  • Buah Durian Pemenang Kontes Kab. Pesawaran

UPT P3UT BERSAMA TEFA “TOP FRUITS” MENGEMBANGKAN VARIETAS DURIAN UNGGUL LAMPUNG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *